Web Science di dalam Teknologi Informasi
Pengertian dari Website atau Situs adalah kumpulan halaman
yang dapat menampilkan informasi berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupu
gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis atau dinamis yang dapat
membentuk rangkaian yang saling terkait di mana masing-masing dihubungkan
dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Sedangkan Science adalah segaa
sesuatu yang berhubungan dengan pengetahuan yang dapat berupa informasi lisan
maupun tulisan yang dapat memberikan manfaat. Jadi Web Science adalah ilmu
pengetahuan yang mempelajari tentang pemanfaatan dari sebuah web yang diperoleh
dari sumber yang akurat.
Web Science merupakan inovasi baru yang diciptakan oleh
seorang bernama Tim Berners-Lee yang mensupport dari berdirinya cabang ilmu
ini. Tim Berners-Lee juga seorang penemu World Wide Web. Web Science yang dalam
bahasa Indonesia berarti jaringan pengetahuan atau dapat diartikan bahwa suatu
web yang menyediakan berbagai ilmu pengetahuan didalamnya dan menjadikan wadah
/ tempat terdapatnya ilmu pengetahuan tersebut. Web science juga dapat
melakukan penelitian lintas disiplin dan menjelajah ke berbagai bidang yang
sangat khusus di dalam disiplin ilmu. Dalam definisi di jelasakan bahwa web
science dapat menyediakan berbagai ilmu pengetahuan, tentunya dalam ilmu
pengetahuan terdapat berbagai macam kegunaan diantaranya adalah sebagai berikut
:
1. Dapat mencari artikel yang berdampak tinggi dan prosiding konferensi.
2. Dapat menemukan hasil yang relevan dalam bidang-bidang terkait.
3. Dapat mengidentifikasi potensi kolaborator dengan catatan rujukan signifikan.
4. Dapat mengintegrasikan, mencari, menulis, dan bibliografi penciptaan menjadi satu proses yang efisien.
Sejarah Web Science
Pada tahun 1980 telah diperkenalkan sebuah teknologi
informasi dan komunikasi khususnya di dalam bidang website. Website yang biasa
kita kenal awalnya ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau
bekerja di European Laboratory for Participle Physics (CERN). Pada bulan maret
1989, Tim membuat suatu protocol system distribusi untuk pertukaran informasi
di internet, dan pada akhirnya situs web pertama itu diluncurkan pertama kali
pada tanggal 6 agustus 1991.
Kemudian pada bulan oktober 1991, World Wide Web (WWW) sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan internet. Website bisa ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, atau yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular.
Web sekarang ini telah berkembang dari ide dan konsep yang dicetuskan oleh Tim Berners-Lee, seorang peneliti pada CERN Particle Physics Lab di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee merumuskan suatu proposal tentang sebuah system hypertext yang memiliki tiga komponen sebagai berikut:
1. Antarmuka yang menyediakan akses terhadap berbagai jenis dokumen dan protokol.
2. Akses informasi yang universal. Setiap pengguna harus dapat mengakses setiap informasi yang tersedia.
3. Antarmuka yang
konsisten untuk semua platform. Antarmuka ini harus menyediakan akses yang
dapat digunakan oleh berbagai jenis komputer.
Perkembangan selanjutnya dari konsep Berners-Lee ini melahirkan Mosaic, sebuah web browser grafis yang pertama. Web memiliki banyak kemungkinan hubungan antar dokumen tanpa awal dan akhir.
Dalam situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
Pada tahun 1993, Marc Andreessen melakukan inovasi penjelajah web dengan merilis Mosaic (kemudian Netscape) “perampan web populer pertama di dunia”, yang membuat sistem Internet mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang kebanyakan. Penjelajah web Andreesen memicu ledakan popularitas di Internet pada tahun 1990-an. Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri,
bernama Netscape, dan merilis Mosaic-yang kemudian mempengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi browser yang paling populer di dunia, menguasai 90% dari semua penggunaan penjelajah web di dunia (lihat bagian penggunaan web browser).
Microsoft menanggapinya dengan menciptakan Internet Explorer
pada tahun 1995, juga sangat dipengaruhi oleh Mosaic, dan memulai perang
penjelajah web pertama di industri Internet. Dibundel dengan Windows, Internet
Explorer memperoleh dominasi di pasar penjelajah web. Raihan penggunaan
Internet Explorer memuncak dengan jumlah lebih dari 95% pada tahun 2002.
Opera memulai debutnya pada tahun 1996, meskipun belum
pernah mencapai penggunaan secara luas, memiliki kurang dari 2% pangsa
penggunaan browser pada Februari 2012 menurut Net Applications. Versi mini
Opera (Opera Mini) memberikan tambahan pangsa pasar, pada bulan April 2011
sebesar 1,1% pada penggunaan penjelajah web secara keseluruhan,
tetapi terfokus pada pasar ponsel yang tumbuh cepat. Opera Mini terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Opera Mini ini juga tersedia di beberapa sistem benam lain, termasuk konsol video game nintendo wii.
Pada tahun 1998, Netscape meluncurkan apa yang kemudian akan menjadi mozilla foundation dalam upaya menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak sumber terbuka. Penjelajah web tersebut akhirnya akan berkembang menjadi firefox. Hingga Agustus 2011, firefox memiliki pangsa pasar 28% penjelajah web dunia.
safari merilis versi beta pada Januari 2003. Hingga April 2011, Safari memiliki pangsa dominan untuk penjelajah web berbasis Apple, dan menguasai lebih dari 7% dari pasar penjelajah web dunia.on
Pendatang baru di pasar penjelajah web adalah Google Chrome.
Pertama kali dirilis pada bulan September 2008, popularitas Chrome meningkat
secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya
dari 8% menjadi 16% pada bulan Agustus 2011. Peningkatan ini berbanding
terbalik dengan popularitas Internet Explorer yang cenderung menurun dari bulan
ke bulan.
Pada Desember 2011, Google Chrome menyalip Internet Explorer
8 sebagai web browser yang paling banyak digunakan namun tetap lebih rendah
jika dibandingkan dengan jumlah gabungan semua versi Internet Explorer yang
digunakan.
Pre-Web: Memex, Hypertext, Internet, USENET, FTP, Gopher
Pre-web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet.
Memory Extender (MEMEX)
Vannevar Bush (11 Maret, 8190 – 30 Juni, 1974 adalah seorang insinyur dan ilmuwan berkebangsaan Amerika yang dikenal karena pencapaiannya pada bidang kompetisi analog, peran politiknya pada pengembangan bom atom, dan idenya tentang Memex, yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari munculnya teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari “memory extender”) , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang saat ini telah ada.
Vanner Bush memang tidak terlibat langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan kalau beliau disebut dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah referensi esai hingga tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan memori manusia dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip dengan yang dikenal saat ini yaitu hypertext.
Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna dapat merekam informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto dari kertas atau dari layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.Mengingat memex, sarjana bisa menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai koneksi dalam berlembar-lembar informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan kompleks alat untuk menciptakan pengetahuan namun lebih canggih yang pada gilirannya dapat digunakan terhadap pekerjaan ini The memex telah dibayangkan. sebagai sarana mengubah ledakan informasi menjadi ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah satu impian mendefinisikan media baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa
Stanford yang sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada
atasannya. Supervisor baru saja melihat demonstrasi dari World Wide Web dan
menyarankan dapat ditingkatkan dan lebih baik serupa dengan memex dijelaskan oleh
Vannevar Bush jika link tidak harus secara manual dimasukkan dan bukan satu
bisa mengikuti link hanya dengan menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty
melanjutkan untuk menciptakan AltaVista, yang dicari pertama, full-text
database dari sebagian besar dari Web.
HyperText
Hypertext adalah suatu paradigma ( cara atau pola ) antarmuka untuk menampilkan dokemen, yaitu dapat bercabang ke dokumen lain, menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or perform on request” yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang paling banyak digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen yang disebut hyperlink.
Markup language merupakan kombinasi antara text dan
informasi tambahan mengenai text. Informasi tambahan tersebut, misalnya
struktur teks atau bentuk tampilan yangt diekspresikan dalam bentuk markup
(tanda) yang menyatu dengan text utama. Markup language paling modern yang
digunakan saat ini adalah HTML ( hypertext markup language ) yang merupakan
salah satu basis dari World Wide Web. Hypertext Markup Language adalah markup
language yang dirancang untuk pembuatan halaman web yang mengandung hypertext
dan informasi lain yang akan ditayangkan oleh browser. HTML digunakan untuk
membuat informasi terstruktur, mudah dipahami. Pada prinsipnya HTML merupakan
standart bahasa yang digunakan untuk mengatur format tampilan document web,
menambahkan object-object seperti image, audio, video dan juga java applet
dalam dokumen HTML, mendukung hyperlink antar dokumen. Dokumen HTML dapat
diakses oleh browser berdasarkan urlnya, yaitu sebuah spesifikasi standar untuk
menunjukan lokasi suatu resource diinternet yang disebutkan pada browser.
Internet
Merupakan (kependekan dari interconnection-networking)
secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah
sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan
rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Singkatan dari user network, merupakan salah satu jaringan
tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University
ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke
University dan North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari
USENET adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer
yang terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai
macam forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
FTP (File Transfer Protocol)
Protokol pengiriman berkas (Bahasa inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal
dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan
(download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan
server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan
perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah
Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang
merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat
digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan
ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari
server FTP.
Merupakan protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang
untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat
berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk
alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai
popularitas.
Web 1.0, Web 2.0, Web 3.0
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com” atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
Web 2.0
Web 2.0 pertama kali diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada
tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi
dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah:
Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih
banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti
jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”)
merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para
pengguna Web.
Web 3.0
Walaupun masih dalam perdebatan di kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi dengan cara yang lebih mudah [Tim01]. Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium (W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web adalah XML, XML Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science itu terdiri atas dua kata yaitu web dan science yang maksudnya adalah Web yang berarti jaringan atau suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan atau menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Dengan menggunakan teknologi tersebut, informasi dapat diakses selama 24 jam dalam satu hari dan dikelola oleh mesin. Sedangkan Science berarti ilmu pengetahuan atau kumpulan pengetahuan yang benar, mempunyai obyek dan tujuan, disusun secara sistematik, berkembang dengan metode ilmiah,dan berlaku universal dan dapat diuji kebenarannya (diverifikasi).
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.

Komentar
Posting Komentar