Tugas Company Profile
Holland Bakery
Company Profile:
Holland Bakery adalah jaringan toko roti terkemuka di Indonesia dengan 22 cabang (dapur pusat) yang mengelola lebih dari 400 outlet: Jabodetabek (Gajah Mada, Pondok Pinang, Jatinegara, Cikini, Sunter, Serpong, Ciputat, Pekayon, Bogor dan Karawang), Bandung, Surabaya, Lampung, Batam, Pekanbaru, Makassar, Manado, Bali, Solo, Semarang, Balikpapan dan Samarinda. Kami masih terus melakukan ekspansi nasional ke kota-kota lain.
Holland Bakery adalah salah satu pionir pertama dalam bisnis bakery modern di Indonesia. Didirikan pada tahun 1978, Holland Bakery saat ini dikelola di bawah PT. Mustika Citra Rasa. Produk kami sehat, bergizi dan terjangkau oleh semua orang.
Teknik Penjualan:
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah IMC yang didukung dengan konsep bauran empat P (4P) dan communication mix oleh Kotler & Armstrong. Kegiatan IMC telah dilakukan pihak Holland Bakery, mulai dari menentukan strategi dan target market, serta pemilihan kegiatan promosi seperti beriklanan dengan menggunakan spanduk dan juga pemanfaatan aplikasi delivery online, promosi penjualan dengan pemberian promo potongan harga atau gratis ongkos kirim melalui pembelian website. Hasil penelitian Perencanaan strategi komunikasi pemasaran Holland Bakery dilakukan dengan berbagai cara salah satunya pemenuhan fasilitas penunjang holland bakery yang lengkap guna memberikan kesan nyaman dan aman kepada setiap pengunjung. Dari segi konsep bauran 4P,dari segi tempat holland bakery memiliki lokasi yang strategis, dari segi harga koti sangat terjangkau sesuai dengan kualitas yang diberikan dan harga sudah termasuk ppn. dari segi produk yang dijual dikemas unik dan mengikuti perkembangan zaman, dari segi promosi Holland Bakery memanfaatkan media hubungan masyarakat, penjualan perorangan, periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung.
TOR (Terms of Reference)
Holland Bakery dikenal sebagai toko roti modern pertama di Indonesia dan didirikan pada tahun 1978 di Jakarta.
Holland Bakery adalah brand untuk jaringan waralaba toko roti modern dengan kualitas premium. Hingga saat ini, Holland Bakery memiliki lebih dari 200 gerai di seluruh Indonesia yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, Batam, Pekanbaru, Makassar, Bali, Balikpapan, Samarinda dan Manado. Perusahaan roti ini merupakan salah satu dari beberapa gerai makanan yang disebutkan dalam majalah Lonely Planet edisi Indonesia.
Beliau ingin melestarikan roti-roti dengan resep olahan dari chef Belanda di Indonesia setelah Indonesia merdeka kala itu. Sejalan dengan waktu, Holland Bakery hadir dalam berbagai ragam produk roti, mulai dari jenis klasik hingga modern. Tak lupa juga berbagai jenis roti klasik dari seluruh dunia, seperti sandwich dan kue kering. Ragam kue-kue khas Indonesia pun tak luput dari produk yang dihasilkannya, misalnya bika ambon, pisang bolen, kue lapis dan selai srikaya premium. Kualitasnya juga terus dijaga yang tergambar dalam slogannya ‘Teratas Karena Kualitas’.
cara membeli:
anda bisa dateng ke tokonya langsung atau memesan lewat website Holland Bakery
Harga kue dan roti holland bakery juga bervariasi, dari harga yang terjangkau hingga harga yang lumayan mahal sesuai dengan kualitasnya.
Kelebihan company Holland Bakery:
menyediakan berbagai variasi roti dan kue dengan kualitas yang baik.
Kekurangan company Holland Bakery:
Harga yang relatif mahal dan pelayanan yang kurang baik.
Grab
Company Profile:
Grab adalah Perusahaan teknologi asal Malaysia yang berkantor di Singapura
yang menyediakan aplikasi layanan transportasi angkutan umum meliputi kendaraan
bermotor roda 2 maupun roda 4. Perusahaan Grab hanya perusahaan teknologi yang
meluncurkan Aplikasi saja dan untuk kendaraannya sendiri adalah kendaraan milik
mitra yang sudah bergabung di PT Grab Indonesia.
Grab merupakan platform pemesanan kendaraan terkemuka di Asia Tenggara.
Kami menjawab sejumlah tantangan transportasi yang krusial dan mewujudkan
kebebasan transportasi bagi 620 juta orang di Asia Tenggara. Grab bermula dari
aplikasi pemesanan taksi pada 2012, yang kemudian mengembangkan platform
produknya termasuk layanan pemesanan mobil sewaan dan ojek. Layanan Grab
ditujukan untuk memberikan alternatif berkendara bagi para pengemudi dan
penumpang yang menekankan pada kecepatan, keselamatan dan kepastian. Sebagai
bagian dari budaya inovatifnya, Grab saat ini tengah melakukan uji coba beberapa
layanan baru seperti carpooling serta layanan pesanantar makanan.
Strategi Marketing grab :
● Mengutamakan Konsumen
Konsumen harus diperhatikan dengan baik termasuk permintaanya akan layanan yang diberikan. Dari konsumen, pelaku bisnis bisa mendapatkan keuntungan dan mengembangkan bisnisnya. Sehingga harus bersikap ramah dan sopan kepada konsumen agar merasa puas dan senang. Pelaku bisnis transportasi online harus menganggap konsumen sebagai rekan atau tim. Sehingga konsumen merasa nyaman dengan pelayanan yang ramah dan tetap fokus untuk memenuhi permintaan konsumen. Konsumen harus menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kualitas layanan Grab.
● Tarif Jelas dan Sesuai
Sebagai layanan transportasi online, tarif menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Pelaku bisnis harus memberikan informasi yang jelas mengenai tarif yang ditetapkan. Sehingga pelanggan merasa yakin dan tidak gelisah akan harga atau tarif yang sudah diberikan. Tarif harus sesuai dengan apa yang didapatkan oleh konsumen. Dalam perhitunganya harus benar dan sesuai prosedur jauh dekatnya perjalanan. Karena hal tersebut sangat berpengaruh pada kepuasan konsumen terhadap tarif yang ditentukan. Strategi marketing Grab dengan menentukan tarif yang jelas dan valid adalah hal utama. Terlebih konsumen tetap mempertimbangkan perbedaan harga meski selisihnya hanya Rp. 1000 atau diatasnya.
●Fokus pada Evaluasi
Setiap bisnis pasti mengalami kegagalan meski kecil atau bahkan tidak berpengaruh ke yang lain. Dari kegagalan tersebut menjadi evaluasi untuk terus meningkatkan layanan transportasi online yang diterima oleh masyarakat. Untuk tetap fokus terhadap layanan yang diberikan kepada konsumen, dapat dilakukan dengan memberikan kolom komentar dan rating terhadap aplikasi Grab. Selain itu, bisa diperluas dengan media sosial dan website yang bisa menampung aspirasi konsumen.
● Peka Terhadap Kebutuhan Pasar
Kondisi pasar sangat mempengaruhi peningkatan layanan bisnis. Pelaku bisnis harus peka terhadap kebutuhan pasar saat ini agar dapat membangun bisnis yang tepat. Oleh karena itu, peran seorang owner sangat penting untuk membawa perusahaan ke arah kesuksesan. Diperlukan juga kerjasama tim yang baik untuk menentukan arah perusahaan. Saat ini teknologi semakin canggih sehingga kondisi pasar menjadi berubah dan lebih banyak menggunakan layanan internet. Sehingga peluang bisnis online menjadi lebih besar dan tinggi.
● Terus Mengembangkan Layanan
Perusahaan tidak boleh cepat merasa puas akan pencapaianya. Karena teknologi akan terus berkembang sehingga kualitas perusahaan juga harus meningkat. Saat ini pasar terus berubah mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Transportasi online terus berkembang dengan pesat. Sehingga setiap pelaku bisnis harus terus megejar kesempurnaan di setiap layanan yang diberikan.
TOR (Term of Reference):
TOR grab
Grab didirikan tahun 2011 di Malaysia dan untuk pendiri Grab adalah Anthony Tan bersama rekannya Tan Hooi. Dari tahun 2011 sampai saat ini tahun 2018 Grab berkembang pesat dan menjadi salah satu Penyedia aplikasi transportasi online di Indonesia.(what)
Grab bermula dari aplikasi pemesanan taksi pada 2012, yang kemudian mengembangkan platform produknya termasuk layanan pemesanan mobil sewaan dan ojek. Layanan Grab ditujukan untuk memberikan alternatif berkendara bagi para pengemudi dan penumpang yang menekankan pada kecepatan, keselamatan dan kepastian.
Cara Pesan Grab Mobil:
1. Unduh aplikasi Grab. ...
2. Buka aplikasi Grab, klik ikon mobil. ...
3. Pilih I Accept untuk melanjutkan pemesanan. ...
4. Masukkan alamat destinasi. ...
5. Pastikan alamat penjemputan. ...
6. Layar akan menampilkan biaya perjalanan Anda. ...
7. Klik Book untuk memesan Grab mobil.
Sementara itu, GrabCar menjamin bahwa tarif yang ditampilkan di aplikasi pada saat Anda memesan GrabCar, itu adalah tarif murni yang harus Anda bayarkan ketika turun dari mobil. Tarif ini tidak akan mengalami pembengkakan meskipun Anda terjebak kemacetan,
Kelebihan Grab:
GRAB memiliki layanan jasa lainnya selain GRABcar, yaitu GRABbike, GRABtaxi, dan GRABexpress dimana untuk memudah mengirim paket, dan dokumen dengan layanan kurir.
Jumlah pengemudi terbesar se-asia tenggara termasuk Indonesia.
Pengemudi yang terlatih dan memiliki kerja sama dengan pihak keamanan dan pemerintah.
Adanya jaminan atau asuransi kecelakaan agar menjamin keselamatan pelangga.
Memudahkan pembayaran baik secara tunai, kartu kredit, dan mobile wallet.
Aplikasi yang relatif mudah digunakan.
Menampilkan informasi lengkap (foto, nama, plat nomor hingga nomor telp pengemudi).
Harga tercantum saat kita order.
Kekurangan Grab :
Kurangnya respon atau tanggapan dari pihak GRAB apabila adanya keluhan atau masukan dari pelanggan.
Kadang tarif tidak sesuai dengan yang sudah di tentukan di awalpadahal sudah tercantum saat kita order diawal.
Diskon sering dijadikan sebagai “permainan harga” oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.
Mesin pencarian lokasi yang kurang efektif.
Louis Vuitton
Company Profile:
Louis Vuitton adalah merek mewah paling berharga di dunia dan merupakan divisi dari LVMH. Produknya meliputi barang-barang kulit, tas tangan, koper, sepatu, jam tangan, perhiasan dan aksesoris. Sebagian besar dihiasi dengan monogram LV. Ini adalah salah satu merek paling menguntungkan di dunia dengan margin keuntungan 30%.
Teknik Penjualan:
Cara memasarkan produk Louis Vuitton yang paling khas adalah dengan menonjolkan produk yang dibuat adalah hasil buatan tangan, bukan diproduksi massal di pabrik, sehingga produk-produk yang dijual sangat eksklusif dengan menggandeng desainer terkenal dan ahli di bidangnya.
Eksklusifitas yang ditonjolkan mulai dari proses produksi hingga lokasi store juga berlanjut pada cara memasarkan produk yang tidak sekalipun pernah memberikan diskon. Berbeda dengan bisnis lain yang sering memberikan diskon ataupun sale, Bernard Arnault menilai bahwa strategi dengan cara memasarkan produk Louis Vuitton tanpa ada diskon dan sale inilah yang menjadikannya produk mewah dan bernilai tinggi.
TOR (Terms of Reference):
Louis Vuitton adalah sebuah perusahaan barang mewah dan rumah mode asal Prancis yang didirikan pada tahun 1854 oleh Louis Vuitton.
Louis Vuitton didirikan oleh Vuitton pada tahun 1854 di Rue Neuve des Capucines di Paris.
Sebelum koper Vuitton diperkenalkan, koper pada saat itu biasanya memiliki bagian atas berbentuk cembung, umumnya agar air tidak menggenang di atasnya, sehingga tidak dapat ditumpuk. Baru koper berbahan kanvas Trianon berwarna abu-abu buatan Vuitton lah yang bagian atasnya datar, sehingga dapat ditumpuk satu sama lain dengan mudah saat di perjalanan. Banyak produsen koper yang kemudian meniru gaya dan desain dari Vuitton tersebut.
Untuk enam tahun berturut-turut (2006–2012), Louis Vuitton disebut sebagai merek mewah paling berharga di dunia. Valuasinya pada tahun 2012 adalah US$25,9 milyar. Sementara valuasinya pada tahun 2013 adalah US$28,4 milyar dengan pendapatan sebesar US$9,4 milyar. Perusahaan ini beroperasi di 50 negara dengan lebih dari 460 gerai di seluruh dunia.
Kelebihan Louis Vuitton:
brand unik yang dibuat tangan dengan kualitas tinggi.
Kekurangan Louis Vuitton:
harga yang terlalu mahal dan tak bisa dibeli semua orang.
Komentar
Posting Komentar