M5 - GAMES

 A. PENGERTIAN VIDEO GAMES

    Video Games adalah permainan elektronik yang melibatkan interaksi antarmuka pengguna atau perangkat masukan  – seperti peranti tuas kendali (joystick), Kontrol, kibor, maupun motion sensing  – untuk menghasilkan umpan balik visual. Umpan balik ini akan ditampilkan pada video perangkat layar, seperti perangkat TV, monitor, layar sentuh, atau headset realitas virtual. Gim video sering kali dilengkapi dengan umpan balik audio melalui pengeras suara (speaker) atau penyuara jemala (headphone), dan terkadang dengan jenis umpan balik lainnya, seperti teknologi haptic. Gim video ditentukan berdasarkan platform mereka, yang mencakup permainan arkade, permainan konsol, dan permainan untuk komputer pribadi (PC). Baru-baru ini, industri telah berkembang ke permainan seluler melalui ponsel pintar dan komputer tablet, sistem realitas virtual dan realitas berimbuh, serta remote cloud permainan. Gim video diklasifikasikan ke dalam berbagai genre berdasarkan jenis permainan dan tujuannya.


B. PENGARUH GAME TERHADAP KEHIDUPAN PELAJAR

Saat ini era teknologi sedang berkembang dengan pesat apalagi di dalam game. Game saat ini banyak dimainkan oleh kalangan muda, terlebih anak-anak yang masih dibawah umur.  Perkembangan game online sangat menarik perhatian anak-anak dibawah umur untuk memainkannya karena mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan dan resolusi gambar yang menarik perhatian anak-anak dibawah umur.

Dalam proses pembelajaran, hal tersebut sangat mengganggu pencapaian belajar anak-anak dibawah umur. Anak-anak ketika sudah menemukan sesuatu yang disukai pasti sangat sulit untuk dipisahkan terlebih ketertarikannya didalam game. Dari perkembangan teknologi tersebut ini menjadi tantangan untuk orang tua dan juga guru, bagaimana kita bisa mengkontrol anak-anak supaya tidak kecanduan terhadap game online.

Dalam menyikapi anak-anak yang kecanduan game online, orang tua harus bisa mengajak si anak untuk lebih giat belajar dan tidak dengan menggunakan cara keras. Seperti memberikan batasan waktu untuk bermain game dan memberikan perhatian secara langsung dalam kegiatan belajarnya. Seperti menanyakan tugas kepada si anak atau mengajak berlibur bersama keluarga ke tempat-tempat yang memiliki pembelajarannya juga seperti museum dan lain-lain.


C. DAMPAK POSITIF DARI GAME ONLINE

Dampak positif yang ada dalam game online terhadap si anak adalah pergaulan siswa akan lebih mudah di awasi oleh orang tua, otak siswa akan lebih aktif dalam berfikir, reflek berfikir dari siswa akan lebih cepat merespon, emosional siswa dapat di luapkan dengan bermain game, siswa akan lebih berfikir kreatif.


D. DAMPAK NEGATIF DARI GAME ONLINE

Dampak negatif dari game online bagi pelajar adalah siswa akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game online,siswa akan mencuri curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain game online, waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena bermain game, uang jajan atau uang bayar sekolah akan di selewengkan untuk bermain game online, lupa waktu, pola makan akan terganggu, emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini, jadwal beribadahpun kadang akan di lalaikan oleh siswa, dan siswa cenderung akan membolos sekolah demi game kasayangan mereka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengelolaan Web

Search Engines

Ekonomi Web