M5 - GAMES
A. PENGERTIAN VIDEO GAMES
Video Games adalah permainan elektronik yang melibatkan interaksi
antarmuka pengguna atau perangkat masukan
– seperti peranti tuas kendali (joystick), Kontrol, kibor, maupun motion
sensing – untuk menghasilkan umpan balik
visual. Umpan balik ini akan ditampilkan pada video perangkat layar, seperti
perangkat TV, monitor, layar sentuh, atau headset realitas virtual. Gim video
sering kali dilengkapi dengan umpan balik audio melalui pengeras suara
(speaker) atau penyuara jemala (headphone), dan terkadang dengan jenis umpan
balik lainnya, seperti teknologi haptic. Gim video ditentukan berdasarkan
platform mereka, yang mencakup permainan arkade, permainan konsol, dan
permainan untuk komputer pribadi (PC). Baru-baru ini, industri telah berkembang
ke permainan seluler melalui ponsel pintar dan komputer tablet, sistem realitas
virtual dan realitas berimbuh, serta remote cloud permainan. Gim video
diklasifikasikan ke dalam berbagai genre berdasarkan jenis permainan dan
tujuannya.
B. PENGARUH GAME TERHADAP KEHIDUPAN PELAJAR
Saat ini era teknologi sedang berkembang dengan pesat
apalagi di dalam game. Game saat ini banyak dimainkan oleh kalangan muda,
terlebih anak-anak yang masih dibawah umur.
Perkembangan game online sangat menarik perhatian anak-anak dibawah umur
untuk memainkannya karena mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan
dan resolusi gambar yang menarik perhatian anak-anak dibawah umur.
Dalam proses pembelajaran, hal tersebut sangat mengganggu
pencapaian belajar anak-anak dibawah umur. Anak-anak ketika sudah menemukan
sesuatu yang disukai pasti sangat sulit untuk dipisahkan terlebih
ketertarikannya didalam game. Dari perkembangan teknologi tersebut ini menjadi
tantangan untuk orang tua dan juga guru, bagaimana kita bisa mengkontrol
anak-anak supaya tidak kecanduan terhadap game online.
Dalam menyikapi anak-anak yang kecanduan game online, orang
tua harus bisa mengajak si anak untuk lebih giat belajar dan tidak dengan
menggunakan cara keras. Seperti memberikan batasan waktu untuk bermain game dan
memberikan perhatian secara langsung dalam kegiatan belajarnya. Seperti
menanyakan tugas kepada si anak atau mengajak berlibur bersama keluarga ke
tempat-tempat yang memiliki pembelajarannya juga seperti museum dan lain-lain.
C. DAMPAK POSITIF DARI GAME ONLINE
Dampak positif yang ada dalam game online terhadap si anak
adalah pergaulan siswa akan lebih mudah di awasi oleh orang tua, otak siswa
akan lebih aktif dalam berfikir, reflek berfikir dari siswa akan lebih cepat
merespon, emosional siswa dapat di luapkan dengan bermain game, siswa akan
lebih berfikir kreatif.
D. DAMPAK NEGATIF DARI GAME ONLINE
Dampak negatif dari game online bagi pelajar adalah siswa
akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game
online,siswa akan mencuri curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain
game online, waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan
hilang karena bermain game, uang jajan atau uang bayar sekolah akan di
selewengkan untuk bermain game online, lupa waktu, pola makan akan terganggu,
emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini, jadwal beribadahpun
kadang akan di lalaikan oleh siswa, dan siswa cenderung akan membolos sekolah
demi game kasayangan mereka.
Komentar
Posting Komentar