Ekonomi Web

PENGANTAR WEB SCIENCE




Nama    : Ralfatihanur Ziafiq Makpal

Kelas    : 2IA20

NPM    : 51420051





Ekonomi Web

Ekonomi Web adalah  ilmu  yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa yang berbasis Web. Istilah ekonomi digital (digital economy) dikenalkan oleh Don Tapscott di tahun 1995 lewat bukunya berjudul The Digital Economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence. Ekonomi digital adalah kegiatan ekonomi yang didasarkan pada teknologi digital internet. Ekonomi digital disebut juga dengan sebutan internet economy, web economy, digital-based economy, new economy knowledge, atau new economy.

Era digital economy atau era new economy muncul sewaktu organisasi mulai mengawinkan produktivitas TI dari sumber daya aktiva dengan knowledge dari sumber daya manusia untuk menjangkau transaksi global lintas batas dalam bentuk connected economy. Di new economy, organisasi memanfaatkan TI sebagai enabler dan strategic weapon. Di era ini pertanyaannya tidak lagi what is your business tetapi lebih ke how is your digital business model.


Iklan

Untuk mengembangkan sebuah brand, bisnis kita perlu mendapatkan perhatian dari target pasar. Kampanye pemasaran organik bisa menjadi cara yang efektif dalam mengarahkan trafik ke situs web kita, tetapi melakukan pemasaran jenis itu membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

Iklan adalah cara untuk mempromosikan produk, brand atau layanan kepada audience untuk mendorong ketertarikan, pelibatan dan penjualan. Iklan dapat dibuat dalam berbagai bentuk, dari media cetak hingga video interaktif, dan telah berevolusi menjadi fitur penting untuk marketplace aplikasi.

Iklan berbeda dengan jenis pemasaran lain karena berbayar dan karena pembuat iklan memiliki kontrol penuh atas konten dan pesan. 

Iklan dalam aplikasi dapat berupa teks, banner, push notification dan iklan video pre atau post-roll. Iklan video biasanya berdurasi 10-15 detik (walaupun dapat bervariasi) dan umumnya menunjukkan produk dalam durasi tersebut. Iklan kini semakin interaktif dan meningkatkan pelibatan pengguna. Salah satu contoh adalah penggunaan tautan dalam, fitur yang memungkinkan pengiklan untuk mengarahkan pengguna ke halaman instalasi dengan satu klik.


Pencarian

Beberapa platform mesin pencari global, terutama Google dan Yahoo!, telah mencapai dominasi di seluruh dunia di pasar mesin pencari. Namun, beberapa platform mesin pencari domestik, seperti Naver di Korea Selatan dan Baidu di Cina, telah mendominasi pasar domestik mereka dalam persaingan dengan platform mesin pencari global. Studi ini mengukur dampak ekonomi dari mesin pencari domestik pada perkembangan pasar periklanan online. Menggunakan panel dinamis tingkat negara dari 46 negara dari 2009 hingga 2013, kami menyelidiki perubahan ukuran pasar periklanan online yang disebabkan oleh keberadaan mesin pencari domestik. Hasilnya menunjukkan bahwa pengembangan mesin pencari domestik dapat menyebabkan peningkatan ukuran pasar periklanan online: Sebuah negara dengan platform mesin pencari domestiknya sendiri mungkin memiliki intensitas iklan online rata-rata 0,018% lebih banyak—yang didefinisikan sebagai belanja iklan online/GDP—daripada satu tanpa jenis platform ini. Alasan di balik hasil ini dan implikasi kebijakan juga dibahas.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengelolaan Web

Search Engines